Dia yang Syariah

goldcash

Manusia adalah mahkluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan mahkluk yang lainnya. Hal ini terjadi karena manusia diberikan akal untuk berfikir dan membedakan hal yang baik dan buruk dalam setiap perjalanan hidup manusia itu sendiri.

Menurut saya, secara sistem ekonomi, manusia itu bisa dibagi menjadi 3 golongan:

1. Manusia konvensional

Yaitu manusia yang dalam kegiatannya secara ekonomi selalu menggunakan sistem konvensional. Misalnya menabung di bank konvensional, kredit barang pada pembiayaan konvensional bahkan buat skripsipun objeknya perusahaan konvensional (mungkin yang terakhir ga apa-apa,hee).menurut hemat saya, manusia seperti ini rentan tercebur dalam riba, karena logikanya segala seuatu yang konvensional itu identik dengan bunga yang sudah pasti riba dan riba itu pastilah haram.

2. Manusia Syariah

Yaitu manusia yang dalam kegiatannya secara ekonomi selalu menggunakan sistem syariah atau sesuai dengan Al-quran dan hadist. Misalnya menabung di bank syariah, kredit barang pada pembiayaan syariah bahkan buat skripsipun objeknya perusahaan syariah. Menurut saya, manusia seperti ini rentan menjadi manusia yang beruntung, karena secara tidak langsung mereka telah membantu masyarakat miskin tanpa harus membebani pihak lain, misalnya perbankan, jika dalam hal ini dana yang diinvestasikan oleh nasabah itu tidak memperoleh keuntungan, maka pihak bank tidak perlu pusing untuk memberikan imbalan kepada nasabah.

3. Human Mix

Yaitu manusia yang dalam kegiatannya secara ekonomi menggunakan kedua sistem tersebut (sistem konvensional dan sistem syariah). Mungkin manusia seperti ini yang banyak kita jumpai, apalagi di Indonesia, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia yang tidak menganut sistem ekonomi Islam.

bank_syariah080724

Menurut pengetahuan saya yang sangat terbatas, perbedaan fundamental antara sistem konvensional dan sistem syariah adalah AKAD, yaitu persetujuan antara kedua belah pihak, biasanya penjual dan pembeli. Dalam sistem konvensional semuanya sudah ditentukan, termasuk bunganya, tetapi pada sistem syariah semuanya harus disepakati oleh kedua belah pihak.

Inspired by : Dia yang tetap Syariah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s