Surat Kabar atau Album Parpol

parpol-2009

DEMOKRASI. Pemilu legislatif yang kurang dari 2 bulan lagi, membuat bakal calon anggota legislatif mengeluarkan semua amunisinya untuk menarik simpati masyarakat yang nantinya diharapkan mereka akan menjatuhkan pilihan pada oknum tersebut. Bentuk amunisi ini bermacam-macam, mulai dari spanduk, famlet, stiker, gantungan tas, kartu nama, umbul-umbul hingga surat kabar tak lekang menjadi korban amunisi partai politik untuk mengeksploitasi kader-kader terbaik mereka.

Surat kabar yang semestinya berfungsi sebagai sumber informasi akan merubah sedikit fungsinya, setidaknya hanya untuk menyambut pesta demokrasi ini saja. Bayangkan saja, pada pemilu tahun 2009, Indonesia memiliki 34 parpol plus 6 partai local di Nanggroe Aceh Darusslam. Masing-masing partai cenderung mencalonkan lebih dari 1 kadernya, misalnya masing-masing partai mengirim 2 bakal calon untuk maju dalam pemilu legislatif pada tanggal 9 April 2009 berarti akan ada sekitar 80 manusia yang akan mempromosikan dirinya. Dari 90 orang tersebut sudah cukup membuat halaman surat kabar menjadi penuh. Surat kabar yang tadinya berfungsi sebagai sumber informasi bagi rakyat kini menjadi seperti album partai politik.

Kita tahu bahwa meskipun iklan-iklan parpol itu dipasang dengan konsekuensi akan mengurangi informasi dari surat kabar itu sendiri, tetapi tetap saja hukum demand dan supply berlaku saat ini. Karena terlalu banyak permintaan dari partai politik untuk mamasang iklan untuk kader-kadernya dengan harapan mereka bisa menjadi wakil rakyat nantinya, sementara halaman surat kabar itu sendiri tetap seperti sediakala, maka mau tidak mau perusahaan penerbit surat kabar tersebut akan menscreening lagi berita mana kira-kira yang lebih penting daripada iklan para bakal calon anggota legislatif tersebut. Jika orientasinya materi, jelas maka iklan parpol akan mendominasi surat kabar tersebut. Tetapi jika fokusnya untuk mencerdaskan masyarakat, maka jelas penerbit akan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Quote : Semoga rakyat mendapat hidayah-Nya untuk memilih calon legislatif yang Jujur, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Aamin.

2 thoughts on “Surat Kabar atau Album Parpol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s