Bakar uang 8 juta..

Pemusnahan barang rusak dan expired harus dilaksanakan sesuai mekanisme yang sudah ditentukan. hal ini sudah menjadi rutinitas bagi kami (distributor dan perusahaan consumer goods). Hari ini kami melaksanakan pembakaran perdana mengingat distributor ini adalah distributor baru untuk wilayah Muara Bungo, Jambi.
Pertama. bagian admin harus melengkapi dokumen-dokumen yang sudah disediakan. Dokumen akan divalidasi oleh kepala gudang sebelum diserahkan ke perwakilan pabrik yang ditugaskan di distributor tersebut. aku, yang menjadi perwakilan pabrik untuk wilayah Muara Bungo, Jambi harus memvalidasi agar data-data yang sudah direkap sama dengan fisik barang yang akan dibakar.
Kedua: saksi, dalam setiap proses pemusnahan barang rusak dan expired kita juga melibatkan pihak kelurahan setempat. pada kesempatan kita mengundang kepala Lurah Dusun Manggis karena lokasi gudang distributor berada di daerah tersebut. pada saat proses pengecakan barang yang akan dimusnakan, ikut hadir juga dari pihak kepolisian. sebenarnya di Dusun Manggis ini berdiri beberapa gudang besar yang menyimpan air mineral, susu, rokok, dll. tetapi dari hasil diskusi dengan pak Lurah, ternyata ini kali pertama Pak Lurah ikut secara langsung dalam proses pemusnahan barang rusak dan expired. Memang beliau Lurah baru disini, jadi ini menjadi pengalaman baru bagi beliau. rencananya proses pemusnahan barang ini akan disosialisasikan di stan kelurahan Dusun Manggis, yang sedang berlangsung di acara HUT Kabupaten Muara Bungo.

Beberapa foto aktivitas dalam proses pemusnahan barang rusak dan expired:



  

Begitulah sekilas proses pemusnahan barang rusak dan expired yang telah kita lakukan di tempat pembuangan akhir (TPA) Dusun Manggis. Pada kesempatan yang sama, pak Lurah akan menghimbau kepada semua pihak distributor yang ada di daerah tersebut untuk melakukan hal yang sama. kami jadi merasa sedikit tersenyum karena insya Allah bisa mengispirasi pak Lurah untuk mensosialisasikan hal ini kepada distributor lain. dengan harapan produk yang sudah tidak layak konsumsi bisa dimusnakan. Sempat terselip pertanyaan dari pak Lurah, berapa jumlah barang yang dibakar hari ini jika dikonversi dengan uang. sambil bercanda aku jawab, hanya Rp.8 juta pak. mudah-mudahan uang ini tidak lebih banyak dibandingkan jika kita harus bertanggung jawab pada konsumen yang sempat mengkonsumsi barang expired ini. End.

Dusun Manggis, Muara Bungo – Jambi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s