Pasar Prioritas Nestle

Pasar Prioritas Nestle – Indahnya Berbagi

Saya dan team distibutor ingin menjalankan project ini sebelum tahun 2011 berakhir. Project membranding pasar, menciptakan visibility yang dominant, mencari toko-toko untuk jadikan duta Nestle di pasar traditional, menjadikan toko sebagai ujung tombak penjualan Dancow, Milo, Fox, Nescafe dan produk Nestle lainnya ke end user dan syukur-syukur bisa membuat pemilik toko menjadi penjual sekaligus loyalty customer untuk produk Neslte. Untuk mewujudkan semua ini, kami juga membagikan kupon kepada toko dengan mekanisme setiap belanja produk Nestle senilai Rp.100.000,- maka toko akan mendapat 1 kupon, berlaku kelipatan. Dan kupon – kupon tersebut akan diundi di akhir tahun. Pemenang akan mendapat hadiah dan bingkisan menarik dari Nestle. Project 6 bulanan ini dinamakan project pasar prioritas Nestle 2011. Untuk area kota Jambi, ada empat pasar yang menjadi target selama semester 2 ini yaitu pasar Angso Duo, pasar Baru, pasar Simpang Pulai, dan pasar Sarinah di Rimbo Bujang.

Saya berharap project ini bisa terimplementasi dengan baik. untuk mewujudkan itu semua, saya sempat melakukan googling di internet untuk melihat contoh implementasi pasar prioritas di negara lain. Tapi hasilnnya adalah nihil. Gagal mencari contoh di internet semakin membuat saya semangat untuk menjalankan aktivitas ini. Jika project ini sudah selesai dilaksanakan saya akan sharing ke blog. Dan berharap suatu hari nanti jika ada seorang seperti saya yang mencari contoh implementasi pasar prioritas, mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tidak seperti saya mencari dan hasilnya adalah nihil. Jadi teringat pesan bahwa jika kamu mencari sesuatu dan kamu tidak menemukannya, maka kamu harus membuatnya.

Ada Beberapa langkah untuk menjalankan project pasar prioritas ini. Langkah pertama, saya beserta team dari distributor menawarkan kepada owner toko agar tokonya bisa kita branding, sekaligus melihat opportunity yang ada di toko tersebut, artinya kita selalu melihat product yang sejenis dan kita bandingkan dengan product Nestle. Misalnya, jika toko untuk menjual kopi X, berarti di toko itu harus ada Nescafe, jika di toko itu ada susu Y, maka di toko tersebut wajib ada Dancow dan begitu seterusnya. Ini dilakukan untuk memperdalam distribusi. Hal ini sesuai dengan konsep distribusi yaitu maksimalisasi distribusi dengan cara menyebarkan produk seluas-luasnya dan memperdalam distribusi artinya jika toko itu awalnya hanya menjual 5 jenis barang, maka kita tawarkan menjadi 8 atau bahkan lebih banyak lagi.

Alhamdulillah akhirnya, pengundian kupon dan pembagian hadiah dan binggisan di empat pasar prioritas di Jambi sudah kami lakukan. Terima kasih Allah dan terima kasih team distributor.

 

Note: Selain bangga karena project pasar prioritas ini sudah berjalan di empat pasar, saya juga mendapatkan hikmah dari proses ini yaitu betapa indahnya berbagi. Saya bisa melihat rona bahagia ketika melihat ibu dan bapak terhibur dengan aktivitas yang kami jalankan. Pihak toko mendapat hadiah dan pengunjung  pasar yang berkontibusi meramaikan acara juga mendapat bingkisan menarik dari Nestle.

Thanks to : Team Disstributor SPL & TMG

Jambi: Desember 26, 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s