Perjalanan hidup 9.000 hari

a little note to commemorate the day of birth

Guys, apa yang ada dipikiran teman-teman khusunya yang sudah pernah merayakan ulang tahun ke 25? please tell the truthđŸ™‚

Tepatnya hari minggu 8 April 2012 alhamdulillah saya sudah hidup seperempat abad, 25 tahun atau jika diambil rata-rata per hari adalah 360 hari maka saya sudah hidup sekitar 9.000 hari. Jika sejak lahir sampai hari ini saya konsisten berinvestasi Rp.5.000,- per hari maka saya akan punya uang Rp.5.000,- x 9.000 = Rp.45 juta. Haduh, tepuk jidak karena menyesal tidak sadar berinvestasi sejak bayi. Padahal uang Rp.45 juta itu bisa digunakan untuk modal walimah plus resepsi  hhheee.

Well Bud, better late than never : )

Jika di hari jadi ke 24 tahun, saya sempat membuat catatan kecil (just a glance of my journey) saat ini juga saya ingin membuat suatu catatan kecil yaitu perjalanan hidup 9.000 hari. Jujur saja sebagai manusia normal, saya sering kali membandingkan apa yang sudah saya capai dibandingkan dengan teman-teman sekitar. Tak jarang saya merasa minder karena apa yang sudah saya dapatkan selama perjalanan hidup 9.000 hari di dunia ini masih tertinggal jauh dibandingkan beberapa pemuda sukses yang telah mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.  Tapi disisi lain, saya juga terus merasa bersyukur atas apa yang sudah Allah berikan sampai hari ini, apalagi tidak sedikit teman-teman saya yang belum bisa hidup mandiri dan bahkan masih bingung dengan tujuan hidupnya. Thank You Allah SWT.

Berbeda dengan catatan tahun lalu, untuk catatan di hari jadi ke 9.000 ini saya ingin memulainya dari kondisi ekonomi Indonesia. Well, kenapa ekonomi Indonesia?  Pertama:  Karena saya tidak ingin melupakan pendidikan terakhir sebagai seorang sarjana ekonomi . Kedua:  dari hari ke 1 sampai hari ke 9.000 saya belum pernah keluar dari tanah air betha Hheee

Sekilas catatan ekonomi Indonesia di usia saya ke 25

Sama seperti kita yang mempunyai pendapatan, simpanan, dan utang. Indonesia juga memiliki pendapatan yang bisa dihitung menggunakan metode produk domestik bruto (PDB). Berdasarkan data Bank Indonesia PDB  per tahun 2011 Rp.7.427.100 (Miliar). Indikator ekonomi lainnya seperti cadangan devisa $ 110.393 (juta) per maret 2011, dan rasio utang sekitar 30 persen dari PDB. Menurut saya data ini menunjukkan suatu angka yang cukup bagus, apalagi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2011 sekitar 6,5% dan lembaga pemeringkat global yaitu Fitch meningkatkan investment grade Indonesai dari BB+ menjadi BBB-. Informasi ini insya Allah menambah keyakinan saya untuk tambah konsisten berinvestasi. Aamiin.

Insya Allah to be continued…

Tinggalkan Balasan

