Belajar Membangun Piramida Keuangan Pribadi …bag 1

2012 adalah tahun investasi. Kalimat itulah yang sudah saya janjikan kepada diri sendiri sejak berakhirnya tahun 2011 lalu. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi saya biasanya melakukan suatu analisa kecil untuk mendukung keputusan saya tersebut, selain itu saya juga terus mencari informasi mengenai rancangan portfolio yang cocok dan sesuai dengan kharakteristik saya. Menurut saya berinvestasi itu sama seperti membangun rumah. Sebelum membangun atap rumah maka kita harus yakin dulu bahwa pondasi yang kita bangun sudah kuat. Setelah googling beberapa waktu saya mendapati tulisan Pak Antony Japari yang menjelaskan tentang perencanaan keuangan dan menterjemahkan piramida keuangan tersebut ke dalam gambar seperti ini.

Jika kita lihat dari gambar di atas, pondasi keuangan pertama yaitu kebutuhan dasar, proteksi keluarga, dan dana darurat. Well, untuk kebutuhan dasar memang kita wajib penuhi selagi kita masih ingin hidup dan saya berharap sebagian besar dari kita sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar.

Masih dalam piramida yang sama, penulis meletakkan proteksi keluarga sebagai pondasi kedua. Pertanyaannya, jika kebutuhan dasar tadi sudah bisa kita penuhi apakah kita lantas fokus untuk membangun fordasi kedua tersebut. Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya mencoba bercermin pada diri sendiri dan menjawab bahwa tidak semua dari kita aware dengan pondasi kedua yaitu proteksi keluarga. Lalu bagaimana dengan dana darurat, dan pondasi-pondasi lain yang harus kita persiapkan guna bisa membangun suatu piramida keuangan yang baik untuk memberi jaminan keuangan masa depan yang mencukupi. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita untuk berusaha sejak dini untuk mewujudkannya.

Setelah mempelajari piramida keuangan yang dibuat oleh Pak Antony Japary, saya mencoba untuk membangun piramida keuangan pribadi. Suatu piramida yang saya bangun sejak awal 2011 lalu dengan meletakkan satu persatu pondasi di tengah kebutuhan dan godaan anak muda yang cenderung boros dan belum aware akan masa depannya. Alhamdulillah sampai tulisan ini dibuat sudah ada beberapa pondasi yang dapat saya letakkan dan insya Allah saya akan sharing di blog ini bagaimana perjalanan saya dalam mebangun piramida tersebut.

Muara Bungo, April 15, 2012

Tinggalkan Balasan

