Belajar Membangun Piramida Keuangan Pribadi … bag 2

Pondasi Keuangan ke-1

Kebutuhan Dasar. Alhamdulillah saya bersyukur karena untuk kebutuhan dasar sejak lahir sampai hari ini insya Allah selalu tercukupi. Untuk pondasi pertama ini saya mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT dan kedua orangtua saya.

Proteksi keluarga. Saya membeli produk unit link di Prudential yaitu Prulink Syariah.

Sebenarnya unit link yang saya beli bukan sepenuhnya untuk proteksi keluarga karena prulink ini masih atas nama saya dan oran tua sebagai ahli warisnya. Sebelumnya saya sempat ragu apakah saya harus membeli unit link atau langsung saja saja investasikan di reksadana saham yang kebetulan sudah meberikan profit nyata bagi saya pada tahun 2009. Dalam masa ragu dan galau itu, saya terus mencari informasi tentang pentingnya asuransi tetapi informasi itu terkadang dikalahkan oleh jaminan kesehatan yang sudah diberikan oleh kantor tempatku bekerja. Sampai suatu hari, saya percaya bahwa masa depan itu adalah misteri dan suatu ketidakpastian. Untuk melindungi diri dan keluarga dari ketidakpastian itu saya harus membeli asuransi.

Masih yakin dengan scheme asuransi yang diberikan oleh perusahaan meskipun total yang bisa di claim adalah 90 persen dari biaya, tetapi disisi lain saya tetap harus memproteksi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Akhirnya bulan January 2012 saya memutuskan membeli unit link dengan komposisi 30% asuransi dan 70% investasi dengan tenor 10 tahun. Kenapa 10 tahun? karena saya mempredikasi 10 tahun dari sekarang insya Allah uang itu bisa digunakan untuk pendidikan anak saya nantinya. Aamiin. In conclusion I allocate 10% of my salary for family protection.

Dana Darurat. Dana darurat sepertinya akan tetap menjadi darurat bagi saya pribadi. Jujur saja setiap ada uang lebih sedikit saya merasa gerah dan biasanya langsung saya lempar. Setidaknya ada dua tempat pelemparan saat ini. Pertama, dalam kondisi sadar saya akan melempar ke jalan yang benar yaitu top up ke reksadana, do double payment for property installment atau beli buku yang akan menjadi read list saya. Kedua, jika lagi tidak sadar keuangan biasanya saya belanjakan sepatu atau gad get. Singkatnya saya belum mempunyai dana darurat saat ini🙂

Muara Bungo, April 15, 2012.

2 thoughts on “Belajar Membangun Piramida Keuangan Pribadi … bag 2

  1. I got this web page from my pal who told me regarding this site and
    at the moment this time I am browsing this web page and reading
    very informative articles or reviews at this time.

Tinggalkan Balasan

