Mengajar untuk Belajar

Hari Jum’at tanggal 4 Agustus 2012 kami diundang ke Palembang untuk mengikuti training for the trainers dengan materi In Call Execution (ICE) dan penangan produk kadaluarsa dan rusak (PAKAR). Training yang dipimpin langsung oleh big boss area Palembang mengusung tema training for the trainers karena setelah mendapat training ini kami diminta untuk mentraining ke rekan-rekan distributor yang menjadi area tanggung jawab kami. saya sendiri harus melakukan training di Muara Bungo, Jambi.

Selain mengikuti training, ritual presentasi tetap ada. Dalam setiap meeting, masing-masing salesman harus membuat presentasi mengenai performance area yang menjadi tanggung jawabnya. Jika performance area kita baik, maka presentasi akan penuh dengan canda dan tawa bahkan tak jarang akan banyak pujian. Tetapi jika area tanggung jawab kita sedang mengalami perforrmance  buruk, maka presentasi akan menjadi suatu hal yang seram dan menakutkan. Reward and punishment memang benar-benar di tegakkan di perusahaan ini.

*

Hari sabtu pagi tanggal 11 Agustus 2012 saya datang lebih pagi ke distributor untuk mengecek persiapan training. Memastikan modul pre and post test dan modul group discusson sudah di print, infokus, dan yang terpenting adalah mempersiapkan mental karena yang menjadi peserta training kali ini adalah manajer operasional, kepala gudang, salesman, dan bagian pemajangan (merchandiser) yang notabene sudah mempunyai pengalaman jauh lebih lama dibandingkan saya yang belum genap dua tahun berkecimpung di dunia sales.

Alhamdulillah training yang terdiri hampir 150 slide power point itu kami selesaikan selama 6 jam 30 menit. Saya menikmati proses training yang panjang dan melelahkan ini. Berdiri, presentasi, sembari berfikir bagaimana agar audience aktive terlibat dalam diskusi di ruangan tanpa AC dan tidak boleh minum karena memang hari ini kita sedang melaksanakan puasa. Tak hanya menikmati proses training saya juga merasa belajar dari training ini. Belajar bagaimana menyederhanakan bahasa teks book agar menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti  oleh peserta. Dan proses penyederhanaan sesuatu yang kompleks ini menjadi sederhana memerlukan pemikiran yang kompleks.

Finanlly training sudah selesai dilakukan dan akan dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama. Alhamdulillah adzan magrib berkumandang dan sebagai pengganti rasa lelah, air mineral 5 cup lenyap tak bersisa dalam hitungan menit sebagai obat dehidrasi selama training.

Dokumentasi

Training panjang itu melahirkan beberapa kesepakan dan target yang harus kami capai selama periode kwartal 3 , 2012.

Muara Bungo, 11 Agustus 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s