Belajar, Belajar, dan terus Belajar

Hakikat hidup adalah belajar (M. Abdul Wahab)

Pertanyaan itu masih menghantui. Pencarian akan “passion” belum menemukan titik terang kecuali fatamorgana.  Waktu, buku, dan perjalanan serta pengalaman hidup yang saya alami terus menuntut untuk berubah. Mulai merevisi impian yang rasanya kurang berdampak bagi masyarakat dan lingkungan. Karena dahulu, mimpi-mimpi yang dibuat hanya untuk mencapai kesuksesan yang muaranya adalah financial. Hari demi hari, ternyata kebahagiaan dengan tujuan akhirnya financial mudah usang. Hari ini mulai berfikir untuk mendobrak paradigma lama dengan suatu yang baru, yang tujuan akhirnya bukan hanya financial tetapi suatu yang lebih luas dan berdampak.

Proses mencari hakikat hidup tak ubahnya seperti seorang musafir yang kehausan sedang berjalan di gurun pasir. Sangat melelahkan dan penuh perjuangan. Salah mengambil jalan, bisa-bisa nyawa menjadi korban.

Belajar dan terus belajar. Setelah membaca beberapa artikel, saya merasa seperti seorang musafir yang kehausan dan menemukan jalan menuju oase di tengah gurun pasir. Di tengah kegelisahan saya mencari tentang hakikat hidup. Saya dapati kalimat yang disampaikan oleh Pak Anies Baswedan, yang menurut saya ini bisa mengisi dahaga saya dalam pencarian. Kata-kata itu adalah “Bagi saya, sebuah pekerjaan harus memenuhi tiga persyaratan: Intellectually Growing, Financially Good, Socially Influencial.”

Oase itu sudah mulai terlihat dari kejauhan, kini tinggal waktunya untuk belajar, belajar, dan terus belajar agar waktu untuk tiba di lokasi oase itu lebih cepat dan dahaga saya tentang pencarian hakikat hidup ini segera dapat terpenuhi. Aamiin.

Muara Bungo, September 13, 2012.

Tinggalkan Balasan

