Which one is the sexiest?

I just want to compare between capital market  and real business. Which one is the sexiest place to invest?

Kita tahu bahwa saat ini ada dua lahan yang paling populer menjadi tempat berinvestasi yaitu sektor keuangan dan sektor rill. Di sektor keuangan kita bisa berinvesatsi di saham, reksadana, indeks dan beberapa instrument keuangan lainnya. Sedangkan untuk sektor riil kita bisa langsung investasi dimana usaha yang kita jalankan ada wujudnya. Contohnya kita invesatasi jualan pisang karamel.

*

Gara –gara nonton film Wall Street “Money never sleeps”. Saya jadi kepikiran dan tertarik untuk mengukur kinerja uang di beberapa instrument investasi. Saya akan coba membandingkan antara saham, indeks,  reksadana, dan bisnis riil. Saya ingin menghitung instrument investasi mana yang bisa memberikan imbal hasil maksimum selama periode satu bulan kedepan yaitu 1 oktober 2012 sampai 31 oktober 2012.

Saham

Saham yang saya jadikan sampel adalah saham apple. Alasan saya mengambil saham apple karena saham ini merupakan saham termahal di dunia saat ini. Sumber data harga saham apple saya ambil dari situs Market Watch. Harga saham apple per tanggal 21 September 2012 $700.10 atau Rp.6.741.659,- per lembar saham. Jika untuk investasi di saham kita minimal harus membeli 1 lot (500 lembar) berarti kita harus menyiapkan uang Rp. 3.357.329.550,-.

Indeks

Indeks yang saya jadikan sampel adalah indeks Hong Kong Hang Seng. Alasan saya mengambil indeks Hang Seng karena harganya tertinggi di region Asia. Jika saham kita menggunakan saham termahal di dunia sebagai sampel, maka untuk indeks saya menggunakan indeks termahal di Asia. Sumber data indeks akan saya update dari situs Bloomberg. Harga indeks Hang Seng hari ini adalah Rp.20.700,58,-.

Reksadana

Reksadana yang saya jadikan sampel adalah Reksadana saham konvensional yaitu Panin Dana Maksima (PDM) dan reksadana saham shariah yaitu Panin Dana Syariah Saham (PDSS) dari Panin Sekuritas. Saya ingin membandingkan reksadana mana yang memberikan imbal hasil maksimal. Apakah reksadana konvensinal lebih tinggi atau sebaliknya. Sebelum saya membandingkannya dengan instrument lain seperti saham, indeks, dan sektor riil. Sumber data reksadana saya update dari situs Panin Securitas. Saat ini harga reksadana PDM Rp.56.335,- dan PDSS Rp.1.009,-.

Sektor Riil

Sektor Rill saya akan menggunakan sampel usaha pisang karamel milik teman yang akan grand opening  insya Allah tanggal 1 oktober 2012. Lokasi di depan pintu masuk JM di Jalan Kolonel Atmo Palembang.  Modal usaha awal Rp.10 juta. Sumber data langsung dari tempat kejadian usaha (TKU). Heee

Let’s we see till the end of october. Seberapa baik kinerja uang yang tidak pernah tidur tersebut. Apakah uang yang kita pekerjakan di sektor saham, indeks, reksadana, atau sektor riil?

To be continued…

Muara Bungo, 24 Oktober 2012.

Tinggalkan Balasan

