Berbagi dengan Suku Anak Dalam

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah bagi teman-teman yang merayakannya.

Hari kamis tanggal 15 November 2012 adalah hari libur nasional untuk memperingati tahun baru hijriyah. Tentunya setiap manusia selalu berharap agar tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Berfikir hal baik apa yang bisa dilakukan di hari pertama hijriyah ini. Pertama saya kepikiran untuk mendaki danau gunung tujuh di kerinci atau kedua, pergi ke daerah pedalaman kabupaten Tebo untuk bertemu dan silaturahmi dengan suku anak dalam. Setelah mempertimbangkan beberapa hal, maka pilihan saya jatuh pada yang ke dua yaitu pergi ke pedalaman untuk bertemu suku anak dalam di Tanah Garo, kabupaten Tebo – Jambi.

Perjalanan ke daerah tanah garo bisa ditempuh melalui jalur darat. Bagi teman-teman yang dari Jakarta bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Jambi. Lalu dilanjutkan ke kabupaten Muara Bungo menggunakan travel  dengan waktu tempuh sekitar 6 – 7 jam. Dari Bungo perjalanan dilanjutkan ke Tanah Garo sekitar 3-4 jam. Kondisi jalan cukup menantang dan informasi penduduk sekitar, jalan akan sulit dilalui jika kondisi hujan.

Berikut beberapa kondisi jalan menuju Tanah Garo, Kabupaten Tebo.

Tenda hitam adalah kediaman suku anak dalam. Setelah bertemu dengan mereka, sepanjang jalan saya dan teman bertanya-tanya bagaimana mereka bisa makan, tidur, dan hidup di tempat yang terbuka seperti itu.

Setelah berbagi bersama mereka, kami cukup senang ternyata saudara kita ini sudah bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Info yang saya terima dari salah satu penjaga Apotek di daerah tersebut bahwa banyak juga suku anak dalam yang sudah bersekolah. Alhamdulillah, pendidikan itu memang hak setiap warga negara Indonesia.

Bersama saudara kita di pedalaman Jambi.

Tanah Garo, 1 Muharram 1434 H.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s