5 Reasons I’m Proud to be Indonesian (Bag 4 Finish)

4. Jumlah Penduduk yang besar

penduduk graph

(sumber gambar dari sp2010.bps.go.id)

Indonesia merupakan negara dengan penduduk nomor empat terbesar di dunia setelah China, Amerika, dan India. Memiliki penduduk dengan usia produktif di bawah 29 tahun sebanyak 50 persen sering disebut-sebut sebagai bonus demograpi bagi Indonesia.

Kita bisa bayangkan Indonesia beberapa tahun mendatang, dengan jumlah penduduk usia produktif yang terus meningkat, tentunya ini akan melahirkan peluang dan tantangan di masa mendatang. Penduduk yang relatif besar tersebut menjadi peluang jika kita bisa melahirkan generasi yang mempunyai skill untuk bersaing di tingkat regional maupun global. Menurut Bapak Anies Baswedan, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mampu bersaing di tingkat global, antara lain ilmu pengetahuan yang lebih baru, keterampilan bahasa internasional, dan networking internasional. Kesemuanya itu bisa dibangun dari satu pondasi awal yaitu pendidikan. Masyarakat Indonesia harus terdidik sehingga kita bisa mempunyai modal dasar untuk bersaing, menciptakan nilai tambah pada setiap produk yang kita buat sehingga produk kita bisa menigkat di rantai nilai perdagangan.

Selain peluang, demograpi bonus bisa juga menjadi hambatan jika penduduk usia produktif tersebut menjadi beban bagi negara. Bisa kita bayangkan berapa besar subsidi yang harus dialokasikan negara untuk menopang masyarakat kelas bawah. Oleh karena itu mari kita terus belajar agar kita bisa menjadi orang terdidik dan pada waktunya nanti kita bisa berkontribusi positif bagi kemajuan Indonesia di masa mendatang. Aamiin.

5. Bangga karena kita anak Indonesia

Melihat berita di media akhir-akhir ini sepertinya kita sedang kehilangan rasa optimisme kolektif di masyarakat. Berita yang cenderung kurang mendidik banyak beredar disaat kita membutuhkan energi positif untuk menatap masa depan Indonesia yang lebih baik. Rasanya tidak akan pernah cukup hanya lembaga peneliti internasional yang bangga dengan masa depan Indonesia, jika kita sendiri sebagai anak bangsa belum bangga menjadi bagian dari Indonesia.

Sudah waktunya hari ini kita belajar untuk merubah cara pandang. Belajar melihat gelas setengah isi, bukan setengah kosong. Artinya kita bisa mensyukuri segala nikmat yang Tuhan telah berikan kepada negara kita. Kekayaan alam yang melimpah, jumlah penduduk yang besar, dan nikmat-nikmat lainnya. Tugas kita adalah memanfaatkan semua pemberian Tuhan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Mari kita menjadi bagian dari solusi atas permasalahan yang dihadapi negeri ini. Agar janji kemerdekaan dapat kita lunasi pada waktunya nanti. Aku bangga menjadi anak Indonesia.

Muara Bungo: Desember 31, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s