Crucibles: Sahabat Inspirasi Hidup

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 2013

laluppo 1

Tiap orang pasti punya mimpi. Sebagian orang telah sukses menggapai mimpinya. Lalu mereka menciptakan mimpi-mimpi baru untuk dicapai. Sebagian lagi belum berhasil mencapai mimpi-mimpinya. Seringkali kegagalan itu disebabkan bukan karena impiannya terlalu sulit untuk dicapai melainkan karena melemahkan usaha terlalu dini dan menganggap kekurangan sebagai batu penghalang bukan sebagai sebuah tantangan untuk dilewati.
Hari pertama di tahun baru adalah waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi atas semua mimpi-mimpi yang telah kita buat di tahun sebelumnya. Mengukur berapa persen mimpi yang telah kita capai. Lalu jika perlu mengevaluasi mimpi-mimpi sebelumya menjadi sebuah mimpi baru yang lebih baik lagi.
Evaluasi itu bisa bersumber dari mana saja. Bersosialisasi di masyarakat, berbagi bersama teman, bertemu klien, membaca buku, menonton TV, mendaki gunung, berinteraksi dengan alam, bertemu guru, dan beberapa aktivitas yang mengisi perjalanan hidup seringkali memberi hikmah dan pelajaran baru bagi kita, dan pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi kita untuk menentukan tujuan-tujuan hidup yang ingin kita capai di kemudian hari.
Aktivitas kita di masa lalu berakumulasi menjadi pengalaman hidup dan diantara pengalaman-pengalaman tersebut ada sebagian yang menjadi pengalaman pengubah hidup. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja serta dalam bentuk dan cara yang beragam.
Hari minggu, 23 Desember 2012 saya bertemu beberapa teman lama. Kita berdiskusi banyak hal tentang masa lalu, hari ini, dan masa depan. Salah satu teman saya namanya Habibie. Terakhir kali kami bertemu di Jakarta sekitar dua tahun lalu. Dan hari ini Bibie datang dengan segudang pengalaman. Mengabdi di kementerian luar negeri sering mengantarkannya menjadi pendamping warga Indonesia di luar negeri. Hari itu, Dia menceritakan tentang pengalamannya di negara yang sedang tejadi konflik, Suriah. Sangat seru dan banyak memberikan informasi kepada kami. Sempat bertanya tentang impiannya di tahun depan, katanya beliau ingin melanjutkan kuliah dengan beasiswa dari Australian Development Scholarship (ADS). Kami do’akan semoga mimpimu bisa tercapai di tahun depan teman. Aamiin.
Teman lainnya adalah Deni. Karyawan salah satu Bank terbesar di Indonesia. Sekarang bertugas di Lampung. Selain bermimpi untuk mencari calon Ibu untuknya, teman yang sangat perhatian dan sayang pada adik-adiknya ini ingin belajar TOEFL agar bisa mengikuti test kenaikan level di tempatnya bekerja. Deni, saya mengenalnya sebagai pribadi yang ikhlas dan paling konsisten. Khususnya dengan aktivitasnya sebagai trader valas. Kami do’akan semoga cita-citamu untuk mendapat promosi jabatan bisa tercapai. Aamiin.
Teman berikutnya adalah Prabowo Tejo Baskoro Hadi atau yang sering dipanggil Tejo. Boleh dibilang Tejo menjadi nerasumber pada tanggal 23 Desember lalu. Dia insya Allah akan melangsungkan pernikahan pada tanggal 18 Januari 2013 nanti. Menyambut moment indah tersebut, Mas Tejo selalu tersenyum dan sesekali berbagi kiat-kiat sebelum membina rumah tangga. Seperti banyak laki-laki yang akan menikah pada umumnya, sudah tentu yang menjadi bahan ceritanya-pun tak jauh-jauh dari perihal pernikahan. Untuk Tejo dan Ghea kami do’akan semoga acara pernikahannya berjalan lancar dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Sekaligus menjadi gerbang pembuka bagi kami untuk mengikuti jejak kalian. Membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah dalam tempo secepat-cepatnya :) Aamiin.
Berikutnya adalah Mbak Yulia. Dipanggil Mbak karena menurut kami Mbak Yul orangnya bijak dan paling dewasa. Selain alasan itu, Mbak Yul juga seringkali menjadi dewi penyelamat di saat kami melewati jalan sesat akademik. Fotocopy catatan-catatan Mbak Yul sering dijadikan summary book untuk belajar satu malam sebelum menghadapi ujian keesokan harinya. Jika tidak sempat, catatan Mbak Yul bisa kami bawa pada saat ujian. Apalagi kami terbantu dengan tulisan mbak Yul yang kecil namun mudah dibaca. Selain itu, jika lagi sial catatan itu bisa saja dijadikan barang bukti kejahatan karena kami tertangkap dosen pengawas sedang membuka catatan saat ujian sedang berlangsung. Terima kasih Mbak Yulia dan kami do’akan semoga cita-cita Mbak Yul tercapai. Aamiin.
Teman lainnya Zakiah. Kami sering memanggilnya mami, tetapi saya tidak tahu kenapa Zakiah dipanggil mami. Mungkin karena sifat Zakiah yang sudah ke-ibu-ibu-an atau karena Zakiah sering membantu kami di kampus dulu. Sebagai satu dari empat anggota dewi penyelamat kami (mbak deva, mbak yulia, mami, dan wiwik) di kampus, mami juga sering kami jadikan tempat rujukan untuk mencontek tugas-tugas kuliah atau tempat bertanya jawaban di saat ujian. Terima kasih Mami, semoga mimpi-mimpinya tercapai di tahun 2013. Aamiin.
Teman berikutnya adalah Ira. Nama lengkapnya Ira Pratiwi Arachman. Teman yang baru saya kenal sekitar satu tahun lalu. Dia adalah gadis manis yang datang dari orbit berbeda. Kami dari orbit manajemen dan Ira berasal dari orbit akuntansi. Meskipun beda orbit, saya merasa ada banyak kesamaan diantara kami. mungkin alasan itulah yang mengilhami kami untuk sehati hari ini, dan insya Allah sampai nanti. Melihat Ira, seperti melihat Ibu di masa muda. Ira adalah replika Ibu bagi saya. She is the sweetest girl in this world. By the way tanggal 7 Januari 2013 ira akan mengikuti training kerja di Jakarta. Saya berdo’a semoga dia bisa melewati setiap proses training dengan baik, mengabdikan setiap ilmu yang dia pelajari untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat dan setelah itu saya berdo’a semoga ira mau menemani setiap langkah di sisa hidupnya untuk berada disamping saya dalam menggapai mimpi kita bersama. Aamiin.
Selain teman-teman yang saya sebutkan di atas, masih ada beberapa teman lagi yang belum bisa hadir pada pertemuan hari itu karena kesibukan mereka masing-masing. Tapi saya percaya, dimanapun kita berada kita akan selalu mendo’akan satu sama lain. Tentunya kami terus berdo’a agar semua mimpi dan harapan teman-teman di tahun ini bisa terwujud. Aamiin.

laluppoo

Terima kasih sahabat sudah memberi dan menjadi inspirasi dalam perjalanan hidup. Saya menganggap apa yang telah kita lewati bersama selama ini sebagai crucibles atau wadah penempa. Menurut Pak Darwin Silalahi dalam bukunya Life Story not Job Title menyebut crucibles sebagai sebuah pengalaman transpormatif yang menghasilkan identitas baru, sehingga nilai-nilai yang kita miliki sebelumnya seolah-olah dievaluasi, diperbaharui, diperkuat, atau dihapuskan sama sekali. Dengan nila-nilai baru itu, terjadilah momen yang tepat untuk kembali menilai diri sendiri dan membangun kemampuan-kemampuan diri yang harus terus kita asah.
Semoga persahabat ini bisa memberikan inspirasi satu sama lain. Dan mari kita berdo’a untuk keberhasilan kita di masa depan. Aamiin.
From Muara Bungo with Love..

Muara Bungo: January 1, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s