February Journey: Do Extra Mile

DARi NGOPi JADi… SAHABAT

n3

3 Februari 2013, hari minggu di minggu pertama bulan kedua tahun ini, untuk pertama kalinya sejak satu tahun lalu saya menurunkan travel bag dari singgahsananya di atas lemari tua. Tas yang sudah mulai berdebu ini akan menemani perjalanan saya ke beberapa kota dengan berbagai tujuan. Mulai dari urusan pekerjaan hingga untuk kepentingan berbagi sesama manusia.

Melalui tulisan ini saya mencoba merangkum perjalanan dan belajar mengambil hikmah dari setiap kota yang saya kunjungi, setiap orang yang saya temui, setiap kegiatan yang saya ikuti, dan setiap petuah dari mereka yang istiqamah mencari makna hidup. Saya ingin belajar banyak hal dari perjalanan kali ini karena saya yakin where will we be in the future, it depends on what we do today. Let’s start the story from Jambi, Jakarta, Surabaya, and Pekanbaru.

Sebelum bercerita perjalanan di Jambi, saya ingin berbagi tentang apa yang kami lakukan 2 hari sebelumnya, sewaktu kami masih di Muara Bungo yaitu tanggal 1 dan 2 February 2013. Dua hari itu kami habiskan untuk melakukan branding di salah satu warung kopi milik Mbak Era yang lokasinya berada sekitar 50 meter dari kantor distributor. Hasil branding toko ini nantinya akan kami ikutkan dalam lomba display contest pada saat nasional sales convention di Surabaya.

Ada tiga kategori toko yang bisa diikutkan dalam display contest yaitu toko alternative channel seperti warung kopi, toko small store, dan mini market. Karena yang kami branding adalah warung kopi, maka kami masuk dalam category altenative channel. Hasil branding dikirim ke sales promotion manager (SPM) untuk di summary.  SPM juga akan mengupdate setiap kali peserta dari kota lain mengirimkan hasil brandingnya, jadi kami bisa melihat hasil branding yang dilakukan oleh team lainnya.

Setelah melihat beberapa branding dari teman-teman lain, saya awalnya sempat pesimis dengan branding yang kami lakukan. Ada keinginan untuk tidak melanjutkan branding dan membatalkan ikut display contest tahun ini. Setelah berfikir  dan mempertimbangkan beberapa alasan serta tidak ingin membuat team kecewa, saya mencoba untuk menyelesaikan apa yang sudah kami mulai dan sedikit menambahkan kreativitas dalam branding yang kami lakukan. Kami tidak hanya focus pada branding warung kopi, tapi kami juga mengundang orang-orang yang lewat untuk singgah di warung kopi Mbak Era dan kami mengajak mereka untuk ngopi bareng, Gratis. Saya ingin membuat kesan natural dalam aktivitas ini. Dari situ saya terinspirasi untuk mengangkat tema “DARi NGOPi JADi..SAHABAT”.

Branding hari ke dua kami lakukan hingga malam hari. Semua prosesnya selesai sekitar pukul 21.00 malam. Saya merasa kami melakukan do extra mile hari itu. Ini hasil branding yang kami lakukan selama  2 hari dan Alhamdulillah akhirnya kami bisa ikut meramaikan display contest tahun ini.

n1n2

Hasil branding display contest dari seluruh team sales se-Indonesia akan dikirim ke kantor pusat untuk dinilai dan pemenang akan diumumkan pada saat nasional sales convention di Surabaya tanggal 8 February mendatang. Infonya, masing-masing pemenang dari display kontes akan mendapat HP Samsung.

Muara Bungo, Februaru 2013

Tinggalkan Balasan

