Jambi: A Journey of Spirit

Ibu Elsa yg di tengah

Ibu Elsa

Saya mengawali perjalanan dari sebuah kabupaten yang berada di perbatasan antara kota Jambi dan Padang. Kabupaten itu bernama Muara Bungo. Meskipun berada satu provinsi dengan Jambi, jarak dari Muara Bungo ke Jambi berkisar 270 km atau biasanya ditempuh selama 7 jam melalui jalur darat.

Kunjungan ke Jambi rutin saya lakukan ketika akan menghadiri meeting di luar kota. Dari kota ini saya bisa mendapat akses mudah ke kota tujuan melalui jalur udara. Sebelum melanjutkan perjalanan ke kota tujuan berikutnya, saya manfaatkan waktu sela untuk mengabil test TOEFL di lembaga bahasa Universitas Jambi.

Hari itu peserta test sekitar 15 orang. Sebelum test dimulai kami satu persatu diminta untuk mengisi form dan panitia test mengambil foto masing-masing peserta. Waktu mengantri kami gunakan untuk saling berkenalan dan mengobrol serta bertanya tujuan mengambil test TOEFL. Dari hasil cerita dengan beberapa peserta test, sebagaian besar tujuan mengambil test TOEFL untuk memenuhi persyaratan wisuda Strata 2. Ada juga untuk keperluan persyaratan mengikuti pelatihan Lemhamnas dan melamar pekerjaan.

Dari sekian banyak peserta, saya lebih banyak ngobrol dengan Ibu Elsa karena kami datang pertama kali ke lokasi test. Ibu Elsa yang berprofesi sebagai guru Matematika di salah satu SMA negeri di Jambi sedang menyelesaikan thesisnya, untuk itu beliau perlu mendapatkan nilai TOEFl dengan skor 400 sebagai syarat kelulusan. Ibu Elsa yang saat ini menjadi single parent dengan dua orang anak sempat menceritakan motivasinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Beliau bilang, melalui pendidikan yang saya tempuh sekarang, saya berharap bisa menginspirasi kedua anak saya. Dan Ibu yang bercita-cita ingin menjadi dosen ini juga berniat untuk melanjutkan pendidikan ke strata 3 jika dananya sudah terkumpul. Saya doa’kan semoga semangat Ibu Elsa untuk melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi di tengah umurnya yang hampir 40 tahun dapat segera terwujud. Aamiin.

Dari Ibu Elsa saya belajar tentang semangat belajar yang luar biasa. Motivasi untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi tidak terbatas pada usia. Sejatinya kita bisa belajar sampai ke tingkat yang paling tinggi asalkan kita mau bekerja keras. Terima kasih Ibu Elsa, semoga Ibu bisa segara menyelesaikan strata 2 sedini mungkin dan diberi kesempatan untuk melanjutkan ke strata 3. Dan tentunya tujuan Ibu untuk menjadi dosen dapat segara terwujud. Aamiin Ya Robbal ‘alamin.

Note: siapa tahu ada yang butuh nomor telpon Lembaga Bahasa Universitas Jambi 0741-63121

Hotel Zenia, Jambi – February 2013

Tinggalkan Balasan

