Pekanbaru: Kelas Inspirasi

20 Februari 2013, first experience tough elementary school students. It will be a special moment and priceless.

Alhamdulillah dan bersyukur sekali karena diberi kesempatan untuk mengajar satu hari di sekolah dasar (SD) oleh team Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa profesional yang ingin berkontribusi terhadap pendidikan di Indonesia. Bedanya, gerakan Indonesia Mengajar mengundang lulusan sarjana untuk mengabdikan diri dengan cara menjadi guru selama satu tahun. Sedangkan Kelas Inspirasi mengundang profesional yang sudah bekerja minimal dua tahun untuk menceritakan profesinya kepada anak-anak yang masih duduk di bangku SD. Harapannya para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita dan termotivasi untuk mewujudkannya.

Kegiatan Kelas Inspirasi 2 ini dijalankan serentak pada tanggal 20 februari 2013 di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Pekanbaru, Bandung, Jogja, dan Solo. Tentunya ini menjadi sinyalemen positif karena telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan pelaksanaan Kelas Inspirasi pertama yang diadakan di Jakarta Februari 2012 lalu.

Tahun 2013 ini Kelas Inspirasi melibatkan 1.064 profesional yang telah terpilih untuk menjadi pengajar di 137 SD di beberapa kota di Indonesia. Saya bersama 7 teman profesional lainnya di kelompok 7 – Dedi Ariandi (Designer), Dhanny Irawan (Pulp and Paper Company), Diah Saraswati (Internal Auditor), Hadi Kuswoyo (Policy, Government, and Public Affairs), Media Nova (Bendahara), Muhammad Usmar Arif (Petrophysicist), Suwanto (Petrolium Engineer). Dibantu fotographer Raja, Videographer Nadia, dan Fasilitator Redha – ditugaskan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahuddin Pekanbaru.

kelas inspirasi MI Miftahuddin Pekanbaru

Berikut profil dan beberapa dokumentasi hasil jepretan Bang Raja dan Redha saat kami berbagi bersama para siswa di MI Miftahuddin Pekanbaru.

1. Dedi Ariandi (Designer)

Pak Dedi Ariandi sedang memperkenalkan profesinya sebagai seorang designer kepada para siswa. Mereka sangat antusias, bahkan demi membantu menjelaskan profesinya kepada siswa, Pak Dedi rela menggayung sepada dari rumah menuju sekolah. Good luck untuk Pak Dedi.

a Dedi

2. Dhanny Irawan (Pulp and Paper Company)

Dhanny lulusan strata 2 di Malaysia ini sekarang bekerja di salah satu perusahaan pulp and paper di kota Pekanbaru. Para siswa semangat mendengarkan penjelasan dari beliau.

ij

3. Diah Saraswati (Internal Audit di PT Garuda Indonesia)

Ibu Diah datang jauh-jauh dari Jakarta menuju Pekanbaru untuk berbagi tentang profesinya sebagai seorang internal auditor. Ibu Diah sudah bekerja selama 26 tahun sebagai Internal Auditor di Garuda Indonesia. Beliau menggunakan ornamen pesawat dan peta untuk memperkenalkan profesi auditor. Tidak hanya itu beliau juga membawa lebih dari 1.000 buku yang dibagikan kepada anak-anak, guru, dan perpustakaan sekolah. Pada akhir kelas, Ibu Diah mengajak beberapa siswa untuk membuat Perahu Harapan. Perahu yang terbuat dari kertas dan berisi tentang impian dari para siswa kemudian dihanyutkan di Sungai dekat MI Miftahuddin. Harapnnya apa yang mereka tulis di Perahu Harapan itu dapat terwujud. Aamiin.

kl

4. Hadi Kuswoyo (Policy, Government, and Public Affairs di Chevron)

Pak Hadi Kuswoyo bekerja sebagai  Policy, Government, and Public Affairs di Chevron hampir 5 tahun. sebelumnya beliau juga pernah bekerja sebagai seorang jurnalis dan bekerja di Palang Merah Indonesia (PMI).

ef

5. Media Nova

Ibu Media bekerja sebagai seorang Bendahara Pengeluaran Dana APBN Program PNPM Mandiri Pedesaan di salah satu kabupaten di Pekanbaru.

ba

6. Muhammad Usmar Arif (Petrophysicist).

Arif bekerja sebagai Petrophysicist di Total E&P. Untuk menjelaskan profesinya kepada siswa, arif membawa beberapa jenis bebatuan. Agar lebih mudah dimengerti, Arif melebelkan profesinya sebagai dokter batu.

mn

7. Suwanto (Petrolium Engineer)

Mas Suwanto bekerja sebagai seorang Petrolium Engineer di Chevron kabupaten Duri. Aksi mas Wanto saat berbagi bersama para siswa.

cd

8. Budi Setiawan (Salesman)

Saya bekerja di PT Nestle Indonesia dan sebelumnya pernah bekerja sebagai Credit Analyst di PT BFI Finance Indonesia, Tbk.

34

9. Raja (Fotografer)

Bang Raja adalah seorang Fotographer profesional di Pekanbaru. Jadi siapa saja yang butuh jasa beliau untuk foto acara apapun. Pra wedding, wedding, atau dokumentasi lainya bisa contact bang Raja di 0852-64659135.

op

10. Nadia (Videographer)

Nadia adalah mahasiswi jurusan Hubungan Internasional di Universitas Riau.

qr

11. Redha Alfian (Fasilitator)

Sama seperti Nadia, Redha adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional di Universiatas Riau.

kih

Pekanbaru: February 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s