Dicari 5 Sosok Pak Pidin

Pak Pidin seorang yang pekerja keras, disiplin, tangguh, dan berorientasi masa depan.

Pak Pidin

Foto Pak Pidin saat memberikan roti pada anak yg berprofesi sebagai pengumpul plastik bekas di halaman Masjid Agung Muara Bungo, Jambi

Sholat dzuhur di masjid Agung hari ini mempertemukan saya dengan sosok yang luar biasa. Namanya Pak Pidin, usianya 42 tahun. Sudah merantau ke daerah ini selama 2 tahun. Kesibukan bapak asal sunda ini adalah sebagai pedagang roti keliling. Dari hasil diskusi singkat dengan beliau, saya mendapat informasi bahwa beliau mampu menjual rata-rata sebanyak 300 roti per hari dengan harga jual Rp.1.000 per buah. Modal roti Rp.700,- jadi keuntungan roti per buah Rp.300,-. Total keuntungan per hari rata-rata Rp.300,- x 300 roti = Rp.90.000,-. Hitungan kotornya jika dalam sebulan Pak Pidin jualan selama 25 hari, maka keuntungan per bulan adalah Rp.2.250.000,- (Lebih besar dari UMR disini yaitu Rp.1.300.000,-).

Dari hasil jualan roti ini, selain untuk biaya hidup beliau juga mengirim ke keluarganya yang masih tinggal di Jawa. Beliau bilang uangnya untuk biaya sekolah anak. Menurut saya Pak Pidin juga punya concern besar tentang pendidikan anaknya.

*

Setelah bertemu dengan Pak Pidin, saya teringat dengan tawaran seorang teman untuk menjadi agen penjual roti di area Palembang. Syarat utama agar bisa menjadi agen roti ini adalah menyiapkan sejumlah uang sebagai deposit dan mencari 5 orang pedangan roti keliling menggunakan gerobak three cycle.

Jika Pak Pidin berjalan kaki untuk menjual roti dan mampu menghabiskan 300 roti per hari, maka penjual roti dengan menggunakan three cycle bukan tidak mungkin bisa menjual lebih banyak lagi.

Saya pribadi juga punya mimpi besar dengan rencana usaha ini, setidaknya belajar membuka peluang kerja bagi saudara kita yang membutuhkan. Setelah usaha roti ini jalan dan bisa memberikan keuntungan bagi si penjual, saya akan menyarankan mereka untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk di investasikan di reksadana saham. Kenapa reksadana saham? Karena saya percaya bahwa industri pasar modal Indonesia akan tumbuh signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya uang yang mereka kumpulkan dari hasil jualan roti ini tidak turun nilainya karena inflasi. Dan reksadana adalah solusinya.

Kinerja Reksadana Saham

Mimpi saya adalah setiap satu three cycle gerobak bisa menolong satu saudara kita yang membutuhkan. Dan masing-masing penjual roti harus menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk diinvestasikan guna mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anak mereka. Aamiin.

Muara Bungo, May 7, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s