Day 3: Kearifan

Menurut John C. Maxwell dalam bukunya The Maxwell Daily Reader mendefinisikan kearifan sebagai kemampuan menemukan akar masalah, tergantung pada intuisi dan pikiran yang sehat serta rasional. Kearifan sangat membantu dalam melaksanakan hal-hal penting seperti:

  • Menemukan akar masalah. Setiap hari pemimpin organisasi harus menangani kekacauan dengan baik.
  • Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah.
  • Evaluasi opsi untuk memperoleh pengaruh maksimal dan menggandakan peluang.

Hari minggu kemarin menjadi tidak biasa. Akhir pekan biasanya dilewati dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai dan tidak melibatkan diri dengan pekerjaan. Tapi telpon dari atasan dan manager operational distributor seperti mengubah kebiasaan hari itu. Atasan meminta untuk menyelesaikan rencana order bulan September. Sebenarnya tugas ini sudah sempat kami kerjaan hari sabtu tetapi total order belum sesuai dengan angka yang diinginkan. Akhirnya pekerjaan itu harus dilanjutkan di hari minggu. Rencana awal kami akan merevisi di hari senin pagi tapi bos menginginkan pekerjaan itu harus selesai lebih cepat dari deadline-nya.

Itu satu hal yang membuat hari minggu menjadi tidak biasa. Telpon lainnya datang dari manager operational distributor yang menyampaiakan informasi tentang pesan gelap mengenai indikasi sales coordinator (salesco) melakukan kecurangan. Orang yang menjadi salesco itu baru terhitung 3 hari karena salesco yang kami rekrut sebelumnya hanya bertahan satu minggu, dia resign dengan alasan belum mampu mengikuti ritme kerja sebagai salesco.

Kami awalnya ingin membuktikan kebenaran informasi itu secepat mungkin, rencana kami ingin mendatangi rumahnya tapi akhirnya kami putuskan untuk tidak terjun langsung. Kami mendelegasikan seseorang untuk bertamu sekaligus memvalidasi kebenaran berita yang kami terima, Alhamdulillah apa yang kami pikirkan tidak terbukti. Untung saja kami tidak langsung terpancing dengan sms gelap yang kami terima. Jika hari minggu lalu kami tidak sabar dan langsung datang ke rumah salesco itu, mungkin suasana akan menjadi buruk. Dari kejadian ini kami belajar untuk sabar dalam menghadapi setiap kejadian sekalagus belajar meningkatkan kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Muara Bungo: September 5, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s