Day 4: Anda adalah Lensa Anda

Siapa diri Anda menentukan cara Anda memandang sesuatu. Anda tidak dapat memisahkan identitas Anda dari perspektif Anda. Itulah kalimat pertama yang disebutkan John C. Maxwell dalam bukunya The Maxwell Daily Reader tentang apa yang harus dilakukan seorang pemimpin dalam bahasan ke empat.

Pakar leadership ini juga mengungkapkan bahwa jika Anda mengubah diri dan menjadi sebagaimana Anda kehendaki, Anda akan mulai melihat orang lain dari sudut pandang baru. Hal ini yang kami coba pelajari bersama untuk mencapai apa yang kami inginkan dengan mulai bertanya tentang apa yang ingin mereka lakukan.

Haris adalah salesman yang mengcover area Muara Bungo. Dua bulan lalu ia masih menjadi salesman luar kota. Setelah ia mengcover area baru, kami bertanya tentang hal apa yang ingin ia lakukan untuk mengembangkan area yang menjadi home based kantor distributor ini.

Setelah diskusi beberapa waktu akhirnya Haris memutuskan untuk mengembangkan produk Susu Kental Manis (SKM) yaitu Carnation. Kami menyetujui rencana itu sekaligus membahas rencana ini ke dalam forum yang lebih serius dengan mengajak operational manager distributor dan salesman lain terlibat dalam project ini, paling tidak mereka tahu bahwa Haris mempunyai ide. Ada 4 hal yang bisa kami pelajari dari sini. Pertama, kami belajar mendengar, menghargai dan mencoba merealisasikan setiap ide positif dari setiap orang. Kedua, kami berharap setiap orang berani dan tertantang untuk membuat project yang bisa dikembangkan di area kerja masing-masing. Ketiga, pengembangan ide.  Awalnya Haris hanya ingin mengembangkan SKM tapi setelah diskusi dengan OM dan salesman lain akhirnya ide itu berkembang ke produk lain. Keempat, kami belajar mengubah diri menjadi sebagaimana yang kami kehendaki dan menularkannya kepada tim untuk mencapai tujuan bersama.

Ide yang awalnya hanya ingin mendistribusikan produk Carnation berkembang ke produk lainya seperti Dancow dan Milo. Mengambil huruf awal dari masing-masing produk, akhirnya project ini kami sebut sebagai MDC project (Milo, Dancow dan Carnation Project). Tahap awal kami mendistribusikan MDC ke end user seperti penjual sob buah, juice, pedagang cappuccino, penjual pisang coklat dan juga penjual martabak. Alhamdulillah dari 16 outlet yang kami targetkan, kami sudah bisa mendistribusikan di 10 outlet dengan total penjualan Rp.1.560.00,-. Satu langkah awal yang baik dan masih butuh kerjasama kolektif agar project ini bisa terus dikembangkan. Aamiin.

Beberapa gambar tentang MDC project yang dijalankan Haris.

Haris in action: MDC Project

Haris in action: MDC Project

MDC Project at Rombong Muara Bungo

MDC Project at Rombong Muara Bungo

Muara Bungo: September 9, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s