Assalamu’alaikum Pak Anies

Wassalamu’alikum wr wb.

Semoga Bapak Anies dan keluarga dalam keadaan sehat dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Aamiin

Melalui email ini saya pribadi dan keluarga turut berduka cita atas berpulangnya Ayahanda Bapak, Ayahanda kami semua. Semoga Allah memberikan tempat terbaik untuk almarhum. Aamiin.

Saya membaca email Bapak ketika berada di kantor dan tulisan Bapak sangat menginspirasi. Saya percaya dengan kapasitas dan kapabilitas Bapak untuk memimpin negeri ini. Contohnya Bapak berhasil membangunkan kami yang sedang tidur dan bermimpi Indonesia menjadi lebih baik. Tapi Bapak sadar lebih awal bahwa semua masalah itu tidak akan selesai lewat mimpi tapi kita semua harus turun tangan untuk menyelesaikan masalah negeri ini. Bekerja secara kolektif untuk melunasi janji-janji kemerdekaan. Bapak sudah memulai itu dengan menginspirasi kami untuk turun tangan, baik menjadi pengajar muda maupun menjadi pengajar di kelas inspirasi, dan beberapa gerakan sosial lainnya.

Saya masih ingat pesan yang Bapak tulis sebagai kata pengantar di Buku Indonesia Mengajar bahwa kita sudah melewati sebuah fase luar biasa dalam hidup. Lihat masa depan dengan tegak dan penuh optimisme. Bapak juga menyarankan untuk memasang layar besar, cari angin yang kuat, lalu arungi samudra dengan keyakinan dan keberanian. Disana kalian akan temukan gelombang besar, badai yang menggentarkan. Hadapi itu dengan keyakinan bahwa kalian akan besar, akan kuat, dan kelak setiap kehadiran kalian akan punya efek yang dahsyat.

Jauhi sungai kecil walau indah dan tenang. Disana mungkin dekat dengan pujian, banyak ketenangan. Jauhi itu. Pilihlah sungai besar, samudra luas yang arusnya kuat, yang penuh dengan tantangan. Arena yang bisa membuat kalian dibentur-benturkan, dihantam tantangan. Arena yang bisa membuat kalian makin kuat dan tangguh.

Saya yakin hari ini Bapak sudah berada di samudra yang luas dengan gelombang dan badai yang besar. Keputusan Bapak menjadi nahkoda untuk mengarungi “samudra Indonesia” akan menghadapi gelombang yang lebih besar, badai yang lebih menggentarkan tapi insya Allah ini adalah keputusan yang baik. Saya yakin insya Allah Bapak mampu menjadi nahkoda dan melewati samudra Indonesia serta menyandarkan kapal “Indonesia” ke tempat yang lebih baik dalam wujud pelunasan janji-janji kemerdekaan. Aamiin.

Terima kasih Pak Anies, sukses dan sehat selalu untuk Bapak dan keluarga. Aamiin.

Wassalamu’alikum wr, wb,

Budi Setiawan di Muara Bungo, Jambi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s