Apa Kabar Benang Kusut itu?

Hari ini, dari tempat yang sama seperti bulan lalu ketika saya menulis “Mengurai Benang Kusut” ternyata belum banyak perubahan signifikan. Apalagi jika yang menjadi focus adalah progress pembongkaran barang di distributor. Paling tidak masih ada 10 truck yang belum dibongkar dengan berbagai macam alasan. Mulai dari gudang penuh, barang yang diantar tidak sesuai pesanan, tidak ada cukup uang untuk membayar tagihan, dan lain-lain. Namanya orang sales, 1001 alasan bisa dibuat. Kondisi kusut ini tentunya membuat performace beberapa divisi menjadi buruk. Dan email yang masuk ke inbox juga bermacam-macam. Tapi dari email itulah saya bisa membedakan antara the real leader (focus pada solusi) dan mana yang hanya tittle saja leader tapi attitude masih seperti doer. Masih senang menjalankan bisnis as usual dengan prinsip asal bapak senang. Cari selamat dan belum berfikir long term business partnership.

Keadaan seperti ini tentunya menyita banyak waktu dan pikiran. Bahkan tak jarang mengaburkan tujuan utama yang akan dicapai sebagai seorang sales. Apa itu? Deliver the number.

Presentation2

Dalam situasi seperti ini saya belajar untuk focus. Focus membuat skala prioritas, mana yang lebih penting. Termasuk focus untuk menyingkirkan sejenak hal-hal yang bisa menghambat pencapaian target. Bagi saya sebagai seorang sales, tidak ada yang lebih penting selain mencapai target pertumbuhan yang sudah disepakati saat meeting di Batam beberapa hari lalu.

Agar bisa focus untuk mencapai target, maka saya harus tegas dan siap menerima konsekuensi yang mungkin akan terjadi dari sikap tegas itu.

Mungkin fokus itulah yang membuat pencapaian ke-3 distributor ini secara total sudah di angka 99%, meskipun kami masih menyisahkan 2 hari kerja lagi. Dengan konsisi seperti ini, bukan hanya deliver the number 100% vs target, tapi kami juga harus deliver the number in term of growth as national request yaitu 20% vs last year.

Is it possible? Kita lihat saja cut off 31 January 2014 nanti. To be frank, saya juga penasaran🙂

Lahat: January 30, 2014. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s