Bisnis Sosial: Translating Dream into Reality

Kantin HES is a journey to integrate their skill to your dream for their better future.

Bisnis Sosial Kantin Hes Palembang

Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh buku terhadap perilaku manusia. Bagi saya sendiri, buku mempunyai peran yang sangat penting dalam hidup. Suatu hari saya sangat ingin membaca buku berjudul “Sosial Bisnis: Sistem Kapitalisme Baru yang Memihak Kaum Miskin“ karangan peraih nobel perdamaian, Muhammad Yunus. Keinginan untuk membaca buku itu lahir setelah melihat video tentang perjalanan bisnis sosial yang beliau dirikan, Grameen Bank.

Dampak setelah membaca buku itu luar biasa. Bayangan tentang bisnis sosial seperti terbawa kemanapun saya pergi. Hampir setiap menjalankan aktivitas rutin, seringkali saya mencoba mencari korelasi tentang apa yang saya lakukan hari ini dengan bisnis sosial apa yang bisa saya dirikan untuk kebaikan lingkungan sekitar.

Dulu, sekitar dua tahun lalu, sewaktu masih bekerja di bagian credit analyst. Saya mempunyai mimpi untuk mengajak teman-teman di kampung mendirikan suatu komunitas investor. Tujuan dari komunitas ini sebagai media untuk saling bertukar pikiran sekaligus tempat berbagi informasi dalam hal mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Selain itu saya pribadi mempunyai mimpi bahwa anak-anak kami nanti tidak boleh hancur harapannya untuk meraih pendidikan hanya karena alasan biaya. Awalnya rencana itu direspon positif meskipun belum ada yang mau bergabung, akhirnya mimpi untuk membentuk komunitas investor tertunda sampai hari ini🙂

Perhatikan dunia di sekitar anda dan cermati hal-hal yang membuat anda tergangu. Apa yang bisa anda ubah untuk kebaikan mereka (Muhammad Yunus).

Tidak berhenti sampai disitu. Bayangan tentang bisnis sosial sebagai media untuk merubah hal-hal yang menganggu itu menjadi menyenangkan terus ada, bahkan sampai tulisan ini diketikpun, mimpi untuk membangun bisnis sosial itu tetap hidup. Alhamdulillah, setelah beberapa kali gagal, insya Allah tanggal 15 February 2014 kami akan memulai usaha rumah makan yang berlokasi di samping Kampus PGRI, Paju Palembang.

Modal dari usaha ini kami dapatkan dari patungan. Meskipun tempatnya relatif kecil tapi Alhamdulillah kami bisa membuka lapangan kerja. Sistem yang kami gunakan adalah bagi hasil dan memberikan saham kosong untuk karyawan. Jadi jika usaha rumah makan ini berkembang, karyawan mempunyai kesempatan untuk menjadi pengusaha. Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi jempatan bagi kami untuk mempersiapkan kebutuhan finansial di masa depan. Dan yang paling penting adalah berusaha untuk merubah hal-hal yang menggagu menjadi menyenangkan, demi kebaikan mereka. Aamiin.

Prabumulih: 13 February 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s