Belajar Mengurai Benang Kusut di 14 Kabupaten (Bag ke-2)

Tantangan, Proyeksi, dan Strategi

Siang itu saya masuk ke ruang atasan dan menceritakan semua tentang apa yang menjadi rencana jangka pendek dan jangka panjang. Baik itu menyangkut pekerjaan maupun rencana hidup yang akan saya tempuh. Tidak mudah mengungkapkan semua ini tapi setelah berfikir dan diskusi dengan beberapa orang dekat akhirnya saya beranikan untuk bercerita.

Mendengar keputusan yang akan saya ambil, beliau mencoba menerangkan rencana karir yang sudah company siapkan. Mulai dari kenaikan pangkat yang sudah diberikan hingga tujuan pemindahan saya ke Prabumulih awal tahun lalu. Dia bercerita bahwa pemindahan ke area yang lagi minus growth untuk memberi tantangan lebih agar saya bisa lebih maju. Jujur saya sangat mengapresiasi semua itu.

Awal tahun 2014 saya menerima surat pemindahan ke tempat yang baru. Di dalam surat itu saya diberi tanggung jawab untuk handle 3 distributor dengan luas area 14 kabupaten. Report year on year 2013 menunjukkan minus growth secara total di 3 area itu. Bahkan pencapaian tahun 2013 lalu berada jauh di bawah performance area yang tumbuh 1 pesen dan region tumbuh 9 persen.

Sales Performance 2013

Sales Performance 2013

Kita tahu bahwa neraka bagi bisnis adalah tidak adanya pertumbuhan atau minus growth. Ini tantangan yang harus saya hadapi di tempat yang baru. Jika dulu, di area sebelumnya saya masih punya direct superior untuk tempat bertanya dan berbagi strategi agar bisnis dapat tumbuh, kini di tempat yang baru saya harus menghadapinya sendiri. Karena satu teman yang sebelumnya mengcover area ini sudah pensiun dan yang satunya lagi di terminate karena dinilai tidak perform.

Kondisi ini tidaklah mudah. Area yang luas, man power terbatas, ditambah lagi operational yang belum baik menjadi tantangan yang harus dihadapi. Saya tahu dengan kemampuan dan keterbatasan yang saya miliki, oleh karena itu saya harus berstrategi agar dapat mengubah kondisi dari negartif menjadi positif growth. Tidak mudah tapi itulah tantangannya.

Strategy 1 : Satu Visi, Growth 20%.

Manajemen meminta masing-masing distributor untuk growth 20 persen tahun ini. Oleh karena itu saya bersama pemilik distributor harus mempunyai visi yang sama, yaitu tumbuh 20 persen. Di awal pemindahan ke area baru ini yang saya lakukan pertama kali adalah membuat proyeksi tentang pertumbuhan bisnis yang akan kami capai. Tak tanggung -tanggung saya memproyeksikan tumbuh 35 persen secara total. Saya percaya bahwa we should shoot for the star if we fail we’ll land on the moon but if we shoot for the moon, then we fail, we’ll get nothing.

Proyeksi Growth Semester 1, 2014

Proyeksi Growth Semester 1, 2014

Strategy 2 : Personal Approach with Rational Business Decision

Saya mencoba dan belajar untuk mengeliminasi jarak antara orang dari distributor dan principle (pabrik) yang selama ini terbangung sangat kaku. Seolah-oleh orang dari principle itu seperti “polisi” yang ketika datang kerjaannya seringkali hanya satu yaitu looking for a mistake.

To be frank, i want you seriously fun. Mari kita mulai mendengarkan tentang apa yang menjadi kendala untuk mencapai target yang sudah kita sepakati. Support apa yang teman-teman butuhkan dari pihak principle and distributor. Finally let’s we do it together. Jika kita bisa diskusi dan mencari solusi bersama untuk mencapai tujuan, target isn’t one thing we have to fear.

Strategy 3 : Six Sigma

Nama Jack Welch tentu sudah tidak asing bagi siapapun yang pernah belajar tentang leadership. Jack Welch merupakan mantan Chief Executive Officer (CEO) General Electric (GE) periode 1981-2001. Teori leadershipnya yang cukup terkenal adalah program Sig Sigma yang dia terapkan di GE. Welch akan memberhentikan 10 persen manajer terbawah, tetapi ia juga memberikan bonus dan kepemilikan saham pada 20 persen manajer teratasnya.  Filosofi bisnisnya adalah GE harus berada di posisi satu atau dua di industrinya, atau akan ditinggalkan (Sumber Wikipedia: Jack Welch).

Business is business. Tidak semua yang kita rencanakan selalu berjalan lancar. Banyak sekali hambatan. Seberapa dekatpun kita secara personal tapi jika tidak memberi profit satu sama lain secara bisnis, maka kita harus siap-siap untuk agree to disagree. Dengan menyadur teori Sig Sigma Jack Welch ini, setidaknya saya tahu pihak mana yang akan kami “kasih bonus” dan yang harus ditinggalkan, jika memang keputusan itu harus diambil.

*

Satu bulan berlalu, ternyata  pepatah itu benar, shoot for the star if you don’t get there you’ll land on the moon. Saya yang sebelumnya memproyeksikan pertumbuhan 35 persen, ternyata data closing January 2014 di 3 distributor itu hanya tumbuh 20 persen. Masih memenuhi target manajemen dan juga jauh lebih baik dari report year on year tahun sebelumnya yang minus 4 persen. Tapi di sisi lain masih ada distributor yang butuh focus agar bisa tumbuh.

Sales Performance Jan 2014 vs Jan 2013

Sales Performance Jan 2014 vs Jan 2013

Jika end of month January lalu kami bisa tumbuh 20 persen secara total, tidak demikian dengan bulan February. Report year on year February 2014 secara total pertumbuhan kami turun dari 20 persen menjadi hanya 13 persen.

Sales Performance Jan-Feb 2014 vs Jan Feb 2013

Sales Performance Jan-Feb 2014 vs Jan Feb 2013

Maret ini totally kami harus bisa deliver IDR 4.7 bio agar bisa mencapai objective company yaitu growth 20 persen.

Last Estimate Qi, 2014

Last Estimate Q1, 2014

Big bos sering bilang bahwa promise what you can deliver and deliver what you had promise. Jika strategy pertama tentang visi sudah kita sepakati, strategy kedua tentang personal approach sudah kita lakukan tetapi hasilnya masih belum juga tercapai, mungkin kita perlu menerapkan teori sig sigma Jack Welch, we’ll do it if needed🙂

Baturaja: March 6, 2014.

Tinggalkan Balasan

