Meeting dan Imajiner

Kemarin siang, sekitar pukul 14.10 saya terlibat dalam meeting yang relatif besar dan serius. Besar karena kita akan membahas business plan 2014 dengan proyeksi angka lebih dari IDR 8 Bio sampai dengan semester 1, 2014. Serius karena meeting ini dihadari oleh 5 orang yaitu area sales manager, region controller, dan dua orang pemilik perusahaan. Jadi secara struktur internal perusahaan saya berada di level paling bawah di ruangan itu, mungkin oleh karena itulah saya yang menjadi “tumbal” untuk membawakan presentasi. Bukan melakukan presentasi yang membuat saya gugup, tapi apakah saya bisa meyakinkan dua orang pemilik perusahaan agar mereka setuju dengan proyeksi bisnis yang sudah kami buat karena ini terkait dengan uang yang akan mereka investasikan. It was a challenge!

Dalam perasaan gugup itu, saya mencoba mengingat kembali saat menghadiri sebuah meeting, menjadi peserta yang duduk mendengar tapi juga tetap dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Bagaimana perasaan dan psikologi saya waktu itu?

Paul Arden dalam bukunya Whatever You Think, Think the Opposite menyebutkan bahwa dalam meeting, anda tidak perlu mencemaskan mengenai bagaimana penampilan anda dalam pandangan peserta rapat yang lain, karena mereka sendiri sibuk mencemaskan bagaimana penampilan mereka dalam pandangan anda. Intinya kita sering terjebak pada rasa takut yang kita ciptakan sendiri yang seringkali tidak pernah terjadi🙂

Siang itu, meeting sepertinya tidak akan berjalan sesuai rencana, ketika pemilik perusahaan menolak angka yang sudah kami tawarkan. Angkanya memang cukup optimis yaitu IDR 8 bio atau tumbuh 60 persen dibandingkan penjualan semester 1 tahun lalu. Awalnya, pemilik perusahaan tidak hanya menolak proyeksi sales yang kami tawarkan tapi juga meminta kami (pihak principle) untuk melikuidasi stock produk slow moving yang tinggi agar cash flow distributor menjadi sehat dan bisa memenuhi kewajiban mereka yang sempat tersendat beberapa bulan terakhir.

Jarum jam sudah mengarah pukul 16.39 atau sudah lebih dari dua jam kami berada di ruangan itu. Tiba saatnya masing-masing dari kami harus mengambil keputusan tentang hasil meeting. Saya melihat peserta meeting lain sangat serius. Area sales manager serius diskusi dengan region controller tentang bagaimana melikuidasi produk slow moving dan juga menghapus denda keterlambatan tagihan distributor. Sementara dua orang pemilik perusahaan itu juga serius karena mereka harus memberi keputusan dari angka proyeksi bisnis yang sudah kami tawarkan yaitu IDR 8 Bio. Lalu bagaimana dengan saya?

Hhhaa kali ini biarlah mereka yang serius berpikir, menghitung, dan membuat proyeksi bisnis karena saya sendiri sudah melakukan proyeksi ini bersama manager operational di awal tahun lalu. Angka yang kami diskusikan di ruang meeting dan angka yang saya bersama manager operational sepakati tidak jauh berbeda, hanya selisih 3 persen. Angka proyeksi bisnis saat meeting lebih besar sedikit dibandingkan proyeksi saya dengan manager operational. Saya semakin yakin, karena secara year on year cut off February 2014 sales sudah di angka IDR 3,1 Bio atau kurang sekitar IDR 5 Bio sampai dengan akhir semester 1, 2014. Kami juga sudah berfikir bagaimana agar stock slow moving distributor bisa di transfer ke distributor lain yang lebih bisa menjual produk tersebut.

Alasan itulah yang membuat saya yakin meeting hari ini akan menemui kata sepakat. Alih-alih ikut serius berfikir sore itu, pikiran saya malah terbang. Berimajinasi tentang orang terkasih datang dan ikut berpartisipasi dalam rapat sembari tersenyum melihat para peserta lain menyetujui proyeksi bisnis yang kami tawarkan. Senyum saya kemarin bukanlah karena angka yang saya tawarkan bisa diterima oleh peserta rapat tapi lebih pada melihat orang terkasih hadir dalam rapat itu, meskipun hanya di dunia imajiner🙂

What i was thinking at that time

What i was thinking at that time

Palembang: March 11, 2014

Tinggalkan Balasan

