Investasi

don’t put your eggs in one basket

Kata investasi berasal dari bahasa Inggris “to invest” artinya menanamkan uang atau modal. Menurut wikipedia, investasi adalah suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapat keuntungan di masa yang akan datang. Misalnya kita membeli rumah, emas, saham, atau jenis investasi lainya sekarang dengan harapan harga akan naik di masa yang akan datang.

Banyaknya jenis-jenis investasi saat ini tentunya membuat investor harus hati-hati dalam mengatur dana yang diinvestasikan. Kita masih ingat dengan pesan moral terkait investasi “don’t put your eggs in one basket”. Diversifikasi investasi penting dilakukan guna meminimalisir risiko di kemudian hari. Mitigasi risiko bisa dilakukan dengan cara merancang manajemen investasi secara baik.

Apa itu manajemen investasi?

Gordon J. Alexander, dkk dalam bukunya yang berjudul Invesment menyebutkan manajemen investasi, atau yang sering juga disebut sebagai manajemen portofolio adalah proses dimana uang dikelola.

Guru besar Keuangan di University of Minnesota membagi fungsi manajemen investasi ke dalam 5 langkah, antara lain:

  1. Menentukan kebijakan investasi . seorang manajer investasi harus mampu mengidentifikasi tujuan investasi klien, terutama siakpnya terhadap trade-off antara ekspektasi return dan risiko.
  2. Melaksanakan analisa sekuritas yaitu meneliti sekuritas individual atau kelompok untuk mengidentifikasi sekuritas yang misprise (harga yang tidak wajar).
  3. Membentuk portofolio yaitu mengidentifikasikan sekuritas tertentu (yang akan di investasikan) besarta proporsi modal yang akan di investasikan untuk tiap sekuritas
  4. Merevisi portofolio yaitu menentukan portofolio sekuritas saat ini, sekuritas mana yang akan di jual dan sekuritas mana yang akan dibeli sebagai pengganti
  5. Mengevaluasi kinerja portofolio yaitu menentukan kinerja portofolio, baik return maupun risiko dengan membandingkannya dengan tujuan investasi dan kinerja sekuritas di industri sejenis.

Kesimpulannya investasi ini penting dilakukan guna mencapai keuntungan sekaligus mempersiapkan kebutuhan keuangan di masa depan yang terus meningkat (baca: inflasi). Salah satunya caranya dengan melakukan diversifikasi atas dana yang kita investasikan. Selamat berinvestasi.

MM Unsri Palembang; June 19, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s