Cara Mudah Investasi Saham

Menurut Wikipedia saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen financial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk ‘menjual’ kepentingan dalam bisnis – saham (efek ekutias) – dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market).

Berinvestasi saham berarti kita turut menjadi pemilik perusahaan dan berhak mendapat keuntungan dari pembagian deviden. Selain itu saham juga dapat diperjual belikan di bursa efek.

Jenis-Jenis saham

Saham terbagi dua jenis yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa memiliki kharakteristik antara lain tanggung jawab terbatas pada jumlah yang diberikan, hak didahulukan bila perusahaan menerbitkan saham baru, memiliki hak suara pemegang saham, dapat memilih dewan komisaris, jika perusahaan dilikuidasi pemegang saham biasa mempunyai hak klaim terakhir, kewajiban terbatas artinya jika perusahaan rugi, maka kerugian maksimum yang ditanggung jawab investor saham hanya sebesar nilai investasi pada saham tersebut.

Sedangkan saham preferen mempunyai kharateristik antara lain memiliki hak pembagian deviden, konvertibilitas, dapat ditukar menjadi saham biasa, memiliki hak klaim terlebih dahulu dibanding dengan saham biasa jika perusahaan dilikuidasi.

Keuntungan investasi saham antara lain

  1. Capital gain adalah keuntungan dari hasil jual beli saham
  2. Deviden adalah bagian laba perusahaan yang dibagikan kepada pemilik atau pemegang saham
  3. Hak suara adalah hak yang dimiliki oleh pemegang saham untuk memberikan suara pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan
  4. Jaminan tambahan adalah saham dapat dijadikan agunan tambahan atas kredit

Risiko investasi saham antara lain

  1. Capital loss adalah kerugian atas transaksi jual beli saham
  2. Opportunity loss adalah kerugian dari selisih suku bunga deposito dikurangi hasil yang diperoleh dari investasi saham
  3. Kerugian likuidasi adalah nilai likuidasi lebih rendah dari harga beli saham.

Bagaimana memulai investasi saham?

Melalui perusahaan sekuritas , investasi saham dalam dilakukan pada. Pertama pasar perdana yaitu di pasar pertama kali perusahaan menawarkan saham kepada masyarakat. Kedua pasar sekunder yaitu pasar dimana investor dapat melakukan jual beli atas saham yang telah tercatat di bursa.

Apa syarat investasi saham?

Syaratnya simple yaitu mengisi formulir dan menandatangani perjanjian pembukaan rekening serta menyiapkan modal awal Rp.1 juta yang digunakan untuk jual beli saham.

Palembang, 20 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s