Learn from Astra

Marketing is all about creating value. Itu kata pertama yang keluar dari Dosen Manajemen Pemasaran saat memulai kelas. Hari ini saya merasakan value dari Astra saat menunggu mobil di service. Service mobil, meskipun hanya ganti oli tetap saja menyita waktu yang cukup lama, karena banyak antrian. Astra tahu apa yang harus mereka lakukan agar konsumen yang menunggu tidak bosan. Mereka menyiapkan satu ruang tunggu full AC, lengkap dengan makanan dan minuman, akses internet dan juga tempat kursi pijat. Semua fasilitas diberikan gratis.

Kami juga tidak perlu menghubungi customer service tentang sejauh mana proses pengerjaan mobil sudah dilakukan karena Astra sudah menyedian monitor di ruang tunggu lengkap dengan informasi estimasi proses service selesai. Harusnya banyak perusahaan yang bisa belajar dari Astra khususnya tentang cara menciptakan nilai bagi customer.

Pergerakan harga saham Astra (ASII) periode 5 tahun terakhir cut off September 2014.

ASII

Note: Tulisan ini dibuat di ruang tunggu Astra Palembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s