Apakah Saham Itu?

Menurut Wikipedia saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Sederhananya saham merupakan bukti kepemilikan perusahaan. Dengan menginvestasikan dana yang akan digunakan oleh perusahaan untuk membiayai kegiatan operasional. Disini terjadi simbiosis mutualisme antara investor yang kelebihan dana sebagai tempat sarana investasi, sementara bagi pihak organisasi, dengan menerbitkan saham mereka bisa mendapatkan tambahan dana untuk melakukan kegiatan operasional perusahaan.

Kenapa Investasi di Saham? Dengan berinvestasi di saham, investor sebenarnya “membantu” perusahaan berkembang. Misalnya PT Unilever Indonesia (UNVR) saat ini sedang membutuhkan dana untuk pengembangan bisnis. Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh UNVR untuk memperoleh dana diantaranya menggunakan modal sendiri, pinjaman ke bank, atau meneribitkan saham. Jika UNVR memilih untuk menerbitkan saham, maka UNVR akan menjual saham di pasar modal. Kita dalam hal ini sebagai investor bisa membeli saham UNVR melalui perantara perusahaan sekuritas. Jika dari dana investor tadi UNVR bisa terus berkembang dan menghasilkan laba, maka etis rasanya jika investor juga berhak menerima keuntungan dalam bentuk dividen.

Bagaimana Risiko Investasi di Saham? Sama halnya dengan investasi yang lain, investasi saham juga diharapkan dapat memberi keuntungan bagi investor. Dalam perspektif keuangan, investasi di saham mempunyai risiko yang tinggi, hal ini sebanding dengan return yang akan diterima oleh investor. Prinsip dasar investasi tetap berlaku, high risk high return. Saran saya, sebelum mulai investasi di saham, ada baiknya investor untuk memahami tujuan investasi, profil risiko, dan juga mekanisme perdagangan saham, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan harga saham.

Apakah Investasi Saham Susah? Pertanyaan ini sebenarnya sangat subjective, masing-masing orang mempunyai pendapat yang berbeda. menurut saya, jika kita ingin memulai investasi, tetap pertama kali kita harus tahu terlebih dahulu mekanisme jual beli saham. Terus sembari nyelam minum air, artinya kita tetap belajar dan terjung langsung, praktek. Apalagi sekarang banyak perusahaan sekuritas hanya mematok biaya setoran awal yang cukup terjangkau. Di PT BNI Sekuritas Palembang contohnya, untuk masyarakat umum, hanya dengan menyetor dana Rp. 1 juta sudah bisa membuka rekening saham. Dan untuk mahasiswa diberi kemudahan, yaitu dengan menyetor dana di bawah Rp. 1 juta.

Kapan Saat Tepat Mulai Investasi? Menurut saya kalau bisa secepatnya, kalau bisa hari ini akan lebih baik.

Saham Apa yang Baik untuk Dibeli? Lagi-lagi pertanyaan ini sangat subjective, dan masing-masing punya pendapatnya sendiri. Seorang analis fundamental akan memberikan saran kepada investor untuk membeli perusahaan dengan kondisi fundamental seperti laporan keuangan yang sehat, trend net income-nya positif dari tahun ke tahun. Lain lagi dengan analis tehnikal, mereka akan memberikan rekomendasi beli atau jual dengan melihat chart seperti candlestick, fibonanci, moving average, dll. Bagi saya pribadi lebih tertarik untuk mengoleksi saham-saham yang dekat dengan kehidupan sehari-hari seperti Unilever yang produknya sering kita gunakan sehari-hari, Bank Mandiri atau BRI yang secara aset sudah besar dan merupakan BUMN, dan WIKA perusahaan kontruksi yang plang-nya sering kita lihat di jalan-jalan, tau TELKOM yang jasanya sering juga kita gunakanan untuk komunikasi.

Berikut pergerakan Indes Harga Saham Gabungan (IHSG), PT Telkom (TLKM), PT Astra Internasional (ASII), dan PT Bank Mandiri (BMRI) periode 5 tahun terakhir. Sumber dari bloomberg, data diambil tanggal 16 Oktober 2014. Brosure

Finally, jika ingin investasi mulainya hari ini🙂

MM Unsri, Palembang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s