OJK dan Mimpi Muwujudkan Masyarakat Melek Investasi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad baru saja meluncurkan Gerakan Cinta Pasar Modal (GENTA) tanggal 12 November 2014. OJK berusaha mendorong masyarakat untuk terlibat langsung di pasar modal. Kita semua tahu bahwa saat ini, Indonesia masih termasuk Negara yang melek menabung tetapi belum melek investasi.

Hasil riset OJK menyebutkan bahwa masyarakat yang sudah mengenal Bank sebanyak 57,28%, sementara tingkat pemahaman masyarakat terhadap asuransi 11,81%, lembaga pembiayaan 6,33%, dan pasar modal hanya 0,11%.

Melalui GENTA, OJK mendorong pengembakan pasar modal hingga ke level mikro dengan produk investasi yang lebih terjangkau. Misalnya untuk membuka account di BNI Securities investor hanya menyetor uang Rp. 1 juta dan uang itu bisa langsung digunakan untuk investasi.

Murah dan mudahnya prosedur yang sudah dibuat diharapkan dapat menarik minat masyarakat dan bahkan mahasiswa untuk menjadikan pasar modal sebagai alternatif investasi.

Sebagai contoh, kita melihat return atau imbal hasil yang diberikan oleh saham PT. Bank Panin Syariah, Tbk. Bank syariah pertama yang listed di Bursa Efek Indonesia (BEI) bulan Januari 2014. Bank dengan kode emiten PNBS membuka harga saham perdana Rp.100 per lembar saham, harga PNBS pada akhir perdagangan kemarin (12 Nov 2014) ditutup di level Rp.174 per lembar saham, sudah memberikan return atau imbal hasil 74% dengan periode kurang dari satu tahun. Artinya jika kita membeli saham PNBS saat perdagangan perdana Rp.1 juta, maka uang kita tumbuh menjadi Rp.1,740.000.

Berikut chart saham PT Bank Panin Syariah, Tbk sejak pertama kali diperdagangkan di BEI sampai tanggal 12 November 2014.

Pergerakan harga saham Bank Panin Syariah, Tbk Sumber: http://www.bloomberg.com/quote/PNBS:IJ/chart

Pergerakan harga saham Bank Panin Syariah, Tbk
Sumber: http://www.bloomberg.com/quote/PNBS:IJ/chart

Kedepannya, OJK berharap bisa menjalin kerja sama dengan perbankan agar memudahkan masyarakat melakukan pembelian saham melalui ATM. Ayo tunggu apa lagi mari kita persiapkan masa depan berkualitas dengan berinvestasi sejak dini.

Animo masyarakat Jakarta saat mengikuti kegiatan GEMPA di Istora Senayan.

Ayo anak Palembang jangan mau kalah, mari mulai investasi sejak dini. Senada dengan tema seminar yang diangkat OJK saat peluncuran GEMPA yaitu

“Cerdas InvestasikuCerah Masa Depanku.”

November 13, 2014

Kantor BNI Securities Palembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s