Fracking Company: While Waiting Mang Oden

Pagi ini, di indonesia bagian timur kami sedang menunggu  di lobi, menanti kedatangan mang Oden yang akan mengajak kami keliling kota. Rasanya kami tidak sabar untuk merasakan momen bahagia ini bersama keluarga, menikmati suasana pantai, desa yang asri ini, dan tentu saja udara yang belum terkontaminasi.
Tapi di dunia bagian lain, fracking company sedang gusar karena harga minyak dunia yang sepertinya tak bertenaga menembus zona keekonomian.
David Wethe menulis di halaman Bloomberg hari ini tentang Half of U.S. Fracking Companies Will Be Dead or Sold This Year.
Dunia seperti terus mencari keseimbangannya sendiri setiap hari. Bahagia disini dan bisa jadi derita disana.
Negara kami sebagai net importir minyak tentu bisa merasakan dampak langsung  dari penurunan harga itu tapi bagi fracking company pelemahan harga minyak seperti obat bius yang bisa membunuh secara perlahan.
Bagaimana jika kondisinya dibalik. Harga minyak naik di atas $100 per barel?
Mungkin saja start up fracking company akan bermunculan kembali dan kami disini, yang sudah menetapkan fix subsidi atas harga minyak. Tentu akan merasakan dampaknya secara langsung. BBM akan naik, jika hari ini dengan harga minyak WTI $56 per barel kami harus membeli BBM Rp.6.800 per liter, maka jika harga minyak naik menjadi $110 per barel, maka kami harus merogoh kantong 2 kali lebih dalam untuk membeli bensin.
Kita tahu kekhawatiran kenaikan atau penurunan itu tak hanya berdampak pada daya beli tapi lebih pada multiplier effect yang diakibatkan dari kenaikan harga itu.
Mungkin kita sudah paham bahwa, segala sesuatu jika sudah naik cenderung sulit untuk turun. Kalau mau tes, tanya aja ke sopir angkot🙂
Bali 23 April 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s